Siraman biasa dilaksanakan menjelang prosesi pernikahan. Tradisi ini menjadi simbol penyucian jiwa agar kelak calon mempelai dapat mengarungi bahtera rumah tangga dengan jiwa dan raga yang bersih.

Siraman sendiri memiliki arti “memandikan”. Memandikan calon pengantin sebelum hari pernikahannya dipercaya sebagai simbol membersihkan diri agar bersih dan suci secara lahir dan batin sebelum menjalani hidup rumah tangga.

Pada masyarakat Jawa, pernikahan dianggap bukan hanya sebuah peristiwa bertambahnya keluarga baru, melainkan sebagai bentuk ikatan yang terdiri dari dua keluarga besar.

Kedua keluarga besar bisa jadi memiliki banyak perbedaan latar belakang. Untuk menghargai peristiwa monumental tersebut, sangat wajar sekali tatkala pernikahan dirayakan melalui berbagai tahapan prosesi yang sangat panjang, serta penuh dengan simbol-simbol tertentu.

Siraman sendiri ternyata merupakan adat dari Jawa dan Sunda. Karena letaknya berdekatan tradisinya agak mirip, apa saja sih perbedaan antara siraman adat jawa dan adat sunda? Yuk simak artikel berikut ini..

Prosesi Siraman Adat Jawa

1. Sungkeman

Calon mempelai akan sungkem kepada orang tua sekaligus meminta izin untuk menikah dengan orang yang telah dia pilih sebagai pasangan hidupnya.

2. Siraman

Calon pengantin akan disiram dengan air yang diambil dari 7 sumber mata air dan telah ditaburi kembang setaman. Orang yang bertugas menyiram harus berjumlah ganjil, baik itu tujuh atau sembilan orang. Biasanya dimulai dari ayah, ibu, kemudian orang yang dituakan dalam keluarga, dan diakhiri dengan juru rias.

3. Ngerik

Setelah siraman selesai, calon pengantin akan degendong oleh sang ayah menuju kamar pengantin untuk melakukan prosesi selanjutnya yaitu ngerik. Di sini calon pengantin akan dibersihkan dari rambut-rambut halus yang ada di wajah dan tengkuknya oleh juru rias.

4. Tanam Rikmo

Setelah itu rambut dari kedua mempelai akan digabungkan dan ditanam di halaman rumah orang tua. Tahapan ini disebut tanam rikmo. Tujuannya yaitu untuk mengubur semua hal buruk sehingga kelak akan mendapat kebaikan dan kebahagiaan dalam berumah tangga.

5. Dulangan Pungkasan

Yang terakhir yaitu dulangan pungkasan. Di tahap ini calon mempelai akan mendapat suapan terakhir dari kedua orang tua. Hal ini menandakan berakhirnya kewajiban orang tua dalam memberi penghidupan pada sang anak.

Prosesi Siraman Adat Sunda

1. Ngencangkeun aisan

Dalam tahap ini, ibu dari mempelai wanita akan melepaskan gendongan untuk menuju tempat siraman ditemani ayah yang mendampingi dengan membawa lilin. Hal tersebut mengandung makna bahwa kedua orang tua akan segera mengakhiri tanggung jawabnya yang akan digantikan oleh suami putrinya.

2. Dipangkon

Calon mempelai wanita akan dipangku oleh kedua orang tuanya. Selanjutnya yaitu ngaras, di sini calon pengantin akan membasuh kaki kedua orang tua yang dimulai dari sang ayah terlebih dahulu.

Setelah membasuh kaki, calon mempelai wanita akan dioles/disemprot dengan minyak wangi. Di sini tersirat harapan bahwa sang putri akan terus membawa nama harum keluarga.

Lalu calon mempelai wanita juga harus melewati tujuh lembar kain yang menyiratkan permohonan supaya kelak calon mempelai senantiasa diberi kesabaran, kesehatan, ketawakalan, ketabahan, keteguhan iman yang kuat dan selalu istiqamah menjalankan agama.

3. Siraman


Sama seperti siraman adat Jawa, di sini calon mempelai wanita juga akan disiram dengan air yang telah ditaburi kembang setaman. Tiap-tiap bunga memiliki arti tersendiri.

Bunga mawar agar calon pengantin selalu jujur, melati supaya terus membawa harum nama keluarga serta disukai oleh siapa saja, dan bunga kenanga yang membawa harapan agar calon pengantin membawa kesejukan dan keteduhan hati.

4. Ngerik

Setelah selesai siraman, calon pengantin akan dibersikan dari rambut-rambut halus di wajah dan tengkuk dalam tahap ngerik.

5. Parebut Beubeutian & Hahampangan

Artinya berebut makanan berupa umbi-umbian dan makanan ringan. Di sini ada sebuah harapan agar kedua mempelai diberi kelancaran rezeki dan segera mendapatkan keturunan.

Agar moment special Anda bisa diabadikan dengan sempurna, Anda bisa sewa jasa fotografer professional. Photomotion Indonesia salah satunya. Yuk booking sekarang! Hubungi 0812 988 25 988

7 Responses

  1. Hey There. I found your blog the usage of msn. This is an extremely
    well written article. I’ll make sure to bookmark it and
    come back to read more of your useful information. Thanks for
    the post. I will certainly return.

  2. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a co-worker who was conducting
    a little homework on this. And he actually ordered me breakfast because I
    discovered it for him… lol. So let me reword this….
    Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending
    some time to discuss this issue here on your internet site.

  3. Good day! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on. You have done a extraordinary job!

  4. Hiya, I am really glad I have found this information. Today bloggers publish just about gossip and web stuff and this is really irritating. A good site with interesting content, that’s what I need. Thanks for making this site, and I will be visiting again. Do you do newsletters by email?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *