istilah dalam fotografi

Ketika bertemu dengan fotografer potensial untuk vendor foto pernikahan Anda, pastinya Anda akan mendengar istilah-istilah yang mungkin asing di telinga. Mempelajari berbagai istilah dalam paket fotografi dapat membantu Anda mengomunikasikan dengan jelas seperti apa album pernikahan Anda nanti serta membantu menentukan apakah fotografer itu adalah orang yang dapat memberikan apa yang Anda inginkan. Sebelum bertemu dengan mereka, ketahui dulu beberapa istilah berikut ini.

Istilah-istilah dalam fotografi

1. Full Documentation

Full documentation artinya vendor foto akan mengabadikan seluruh momen yang terjadi selama acara berlangsung. Videografer tidak akan megarahkan kamera ke wajah Anda sepanjang hari. Hasilnya akan seperti video liputan (documenter) biasa dengan sedikit editan bahkan tidak di edit sama sekali.

2. Cinematic Video

Lain halnya dengan full documentation, cinematic video hasilnya lebih artistik. Hal ini karena cara pengerjaannya berbeda, misalnya menggunakan kamera DSLR, di edit dengan penambahan backsound atau lagu selama video tersebut berlangsung sehingga lebih terasa “menyentuh” dan lebih mirip clip trailer atau teaser. Tak heran jika paket foto pernikahan yang terdapat cinematic video memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan full documentation saja.

3. Trailer Video

Mungkin Anda sudah familiar dengan istilah yang satu ini. Trailer merupakan video pendek yang diambil dari bagian video full documentation. Biasanya berisi highlight dari saat-saat penting selama acara pernikahan berlangsung. Durasinya pun tak lama, sekitar 2-3 menit saja.

4. Photo Booths

Fotografer pernikahan mungkin memiliki stan foto sendiri, tapi kemungkinan besar mereka dapat merekomendasikan pemasok booth foto untuk hadir selama resepsi Anda. Photo booth adalah bentuk hiburan yang fantastis, dan Anda akan menemukan banyak foto-foto lucu dari para tamu. Anda bisa membuat sendiri booth foto atau menyewanya.

5. Same-day Edit (SDE)

Ini merupakan video yang menayangkan hal apa saja yang terjadi sebelumnya. Misalnya rekaman akad nikah pagi hari. Rekaman tersebut akan di edit pada hari yang sama dan hasilnya ditayangkan ketika resepsi pada sore atau malam hari. Bisa dibilang, para videografer tidak akan beristirahat setelah proses akad selesai karena mereka harus mengedit video tersebut dan sore harinya sudah harus bersiap kembali di tempat resepsi.

Itulah beberapa istilah yang biasanya terdapat pada paket foto pernikahan. Sekarang Anda tak perlu bingung lagi ketika bertemu dengan para fotografer untuk berdiskusi mengenai dokumentasi seperti apa yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *